Jumat, 12 Mei 2017

Takut darah ?

Yuup ini dia ketakutan ku
Daraah
*paaaiiiinnnn
Ku tak kuasa dengan yang satu ini rasanya udah mau mati aja kalo lihat darah
Entah darah hewan atau darah manusia
Itu tetap membuatku sangat takut
Hingga kuketik artikel ini pun aku menahan rasa lemas ku saat kubayangkan wujud darah
Walaupun itu adalah bagian dari kita
Berikut ini kubahas tentang hematophobia/hemophobia

Darah tentunya merupakan bagian dari tubuh manusia yang juga penting untuk kelangsungan hidup manusia, selain organ-organ tubuh manusia lainnya. Secara garis besar darah terdiri dari dua yaitu sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan sel darah putih yang berfungsi untuk antibodi, melindungi dari infeksi virus, dan bakteri serta jamur.

Akan tetapi pada kali ini kita tidak akan membahas secara mendalam mengenai darah, melainkan mengenai alasan mengapa seseorang takut atau phobiamelihat darah. Bahkan saking takutnya, orang tersebut dapat pingsan ketika melihat darah.

Merasa lemah saat melihat darah umumnya berasal dari reaksi berlebihan dari respon vasovagal.  Respon vasovagal terjadi karena melambatnya jantung dan pelebaran arteri sehingga tekanan darah melambat dan darah turun ke kaki. Akhirnya otak kekurangan darah yang kaya oksigen dan menyebabkan orang merasa pusing dan bahkanberakhir pada pingsan. Hal ini merupakan sebuah refleks rasa takut yang evolusioner yang menjadi mekanisme bertahan hidup manusia.

Sedikit ini dulu aja ya guys
Sudah nggak kuat saya
Selanjutnya akan ku beranikan membuat test fobia darah, apakah kamu sama sepertiku takut dengan darah atau tidak
Tunggu artikel ku selanjutnya ya
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar